Rabu, 08 Juli 2015

tukisan 1/5



Tulisan1
Ketika sedang marah dan emosi berada dalam puncaknya, setiap hal rasanya selalu salah dan menjengkelkan. Para peneliti dan ahli mengatakan ada beberapa hal yang sebaiknya tidak anda lakukan ketika anda sedang dirundung kemarahan. Apa saja itu? Berikut ulasannya..
1. Tidur dalam keadaan marah
Berdasarkan penelitian yang diterbitkan pada Journal of Neuroscience, tidur bisa memperkuat memori atau daya ingat, terutama memori yang berhubungan dengan emosional. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa tidur bisa membuat emosi negatif dalam diri anda. Allen Towfigh MD, seorang neurolog dan dokter spesialis pengobatan tidur mengungkapkan bahwa tidur bisa membantu memproses serta mengonsolidasikan informasi yang diterima sebelum tidur. Hal ini pada akhirnya mengindikasikan bahwa tidur setelah bertengkar atau sedang dalam keadaan emosi membuat anda akan mengingat kembali dan mengalami emosi yang sama saat anda bangun tidur.
2. Mengemudi
Adalah hal yang berbahaya ketika anda mengemudi kendaraan dalam keadaan sedang marah. Riset mengungkapkan bahwa pengendara yang mengemudi kendaraan dalam kondisi sedang marah lebih berisiko mengalami kecelakaan. Seorang psikolog klinis, David Narang PhD, mengatakan bahwa saat anda sedang marah, anda berisiko terhadap aksi menyerang, oleh sebab itu sebaiknya jangan mengemudi.
Tulisan 2
Sistem imunitas adalah hal yang penting untuk kelangsungan tubuh. Sistem imunitas yang baik akan membantu kita mencegah adanya serangan yang berasal dari bakteri, virus, ataupun jamur yang bisa mengakibatkan penyakit serius pada tubuh. Oleh sebab itu, merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar selalu tetap pada kondisi terbaiknya. Selain dengan menerapkan pola hidup sehat, kita juga dianjurkan untuk menghindari hal-hal yang dapat mengganggu daya tahan tubuh. Apa saja itu? simak ulasannya berikut ini.
1. Polusi udara
Polusi udara telah terbukti membawa dampak buruk bagi paru-paru serta sistem imunitas kita. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa polusi udara bisa mensupresi komponen sistem imun bernama T-cell, di mana jika hal ini terjadi bisa memicu peradangan pada seluruh tubuh.
2. Duduk terlalu lama
Jika pekerjaan anda mengharuskan anda untuk duduk di kursi dalam waktu yang lama, maka hal ini juga bisa berakibat buruk bagi daya tahan tubuh anda. Duduk terlalu lama bisa memperlambat proses metabolisme tubuh yang mengakibatkan penyerapan nutrisi berkurang.
Tulisan 3
Jika kini anda sedang mencoba sebuah program diet, akan lebih baik jika anda mengetahui terlebih dahulu mengenai hal yang bisa mengendalikan rasa lapar. Hal ini akan lebih mempermudah dan lebih menyiapkan saat anda merasakan hal tersebut nantinya. Rasa lapar sudah pasti terasa bagi orang yang melakukan diet. Jadi kiat kendalikan lapar dibawah ini mungkin bisa membantu anda agar lebih kuat dalam mengikuti sebuah program diet.
    Alternatif Karbohidrat
    Bagi keumuman masyarakat di negara ini, konsumsi karbohidrat dengan penggunaan nasi sudah menjadi hal yang biasa. Namun jika anda ingin hidup yang sehat dan mendapatkan rasa kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama, maka sebaiknya segera mengganti menu karbohidrat anda dengan bahan yang terbuat dari gandum seperti roti gandum. Roti gandum memiliki serat yang cukup tinggi sehingga perlu waktu untuk mencernanya. Dengan demikian rasa lapar tidak akan hinggap dalam waktu yang dekat. Jenis kiat tersebut bisa dilakukan di pagi hari dan siang hari. Untuk mengolah roti gandum bisa diubah menjadi sebuah sandwich yang sangat lezat dengan penambahan sayuran sebagai pelengkapnya.
    Mengatur Menu Makanan
    Pola makan yang salah ternyata bisa mengakibatkan lapar yang berlebih pada tubuh kita. Hal ini bisa anda coba dengan tidak melakukan sarapan pada pagi hari, maka pada siang harinya menu makanan anda akan dua kali lebih banyak dari ukuran semestinya. Hal tersebut akan berpengaruh besar terhadap pencernaan dengan timbulnya ketidakmampuan lambung untuk memproses kandungan zat makanan secara sempurna dalam satu waktu. Kiat kendalikan lapar tersebut harus dilakukan secara konsisten dengan pola makan yang teratur.
    Menghindari Sikap Duduk Lama
    Jika anda sering duduk dalam jangka waktu yang lama, maka bisa dipastikan cemilan atau makanan ringan akan menjadi teman di samping anda. Hal tersebut diakibatkan rasa bosan yang hinggap saat duduk yang terlalu lama. Dengan demikian sebaiknya hindari duduk agar terhindar dari lapar yang berlebih.
    Tidur Tepat Waktu
    Tidur juga merupakan hal yang bisa dilakukan untuk mengendalikan rasa lapar. Jika anda sering begadang, maka sudah dipastikan perut akan mengalami rasa lapar yang cukup besar. Dengan hal tersebut, sebaiknya tidur tepat waktu dan cukup agar tubuh sehat dan ideal.
Tulisan 4 
Kumpulan Cerita Motivasi Kehidupan dan Kisah Inspiratif Bijak




Berikut ini adalah kompilasi cerita motivasi inspiratif dan berbagai kisah bijak kehidupan dengan makna yang dalam dan luar biasa untuk pembaca dirumah sebagai renungan kehidupan yang bisa menjadi bacaan untuk memotivasi dan menginspirasi kita agar menjadi lebih baik dalam berbagai sendi-sendi kehidupan.
Silahkan dibaca satu-persatu kumpulan cerita motivasi berikut ini, semoga salah satu cerita yang ada berikut ini bisa mengilhami kehidupan pembaca sekalian untuk berubah ke arah yang lebih positif. Salam sukses.

Cerita Motivasi dan Kisah Inspiratif Terbaik

Kisah Motivasi paling Indah
Jerry adalah seorang manager restoran di Amerika. Dia selalu dalam semangat yang baik dan selalu punya hal positif untuk dikatakan. Jika seseorang bertanya kepadanya tentang apa yang sedang dia kerjakan, dia akan selalu menjawab, ” Jika aku dapat yang lebih baik, aku lebih suka menjadi orang

tulisan 5

Kisah Motivasi – Bunga mawar

Suatu ketika, ada seseorang pemuda yang mempunyai sebuah bibit mawar. Ia ingin sekali menanam mawar itu di kebun belakang rumahnya. Pupuk dan sekop kecil telah disiapkan. Bergegas, disiapkannya pula pot kecil tempat mawar itu akan tumbuh berkembang. Dipilihnya pot yang terbaik, dan diletakkan pot itu di sudut yang cukup mendapat sinar matahari. Ia berharap, bibit ini dapat tumbuh dengan sempurna.
Disiraminya bibit mawar itu setiap hari. Dengan tekun, dirawatnya pohon itu. Tak lupa, jika ada rumput yang menganggu, segera disianginya agar terhindar dari kekurangan makanan. Beberapa waktu kemudian, mulailah tumbuh kuncup bunga itu. Kelopaknya tampak mulai merekah, walau warnanya belum terlihat sempurna. Pemuda ini pun senang, kerja kerasnya mulai membuahkan hasil. Diselidikinya bunga itu dengan hati-hati. Ia tampak heran, sebab tumbuh pula duri-duri kecil yang menutupi tangkai-tangkainya. Ia menyesalkan mengapa duri-duri tajam itu muncul bersamaan dengan merekahnya bunga yang indah ini. Tentu, duri-duri itu akan menganggu keindahan mawar-mawar miliknya.
Sang pemuda tampak bergumam dalam hati, “Mengapa dari bunga seindah ini, tumbuh banyak sekali duri yang tajam? Tentu hal ini akan menyulitkanku untuk merawatnya nanti. Setiap kali kurapihkan, selalu saja tanganku terluka. Selalu saja ada ada bagian dari kulitku yang tergores. Ah pekerjaan ini hanya membuatku sakit. Aku tak akan membiarkan tanganku berdarah karena duri-duri penganggu ini.”
Lama kelamaan, pemuda ini tampak enggan untuk memperhatikan mawar miliknya. Ia mulai tak peduli. Mawar itu tak pernah disirami lagi setiap pagi dan petang. Dibiarkannya rumput-rumput yang menganggu pertumbuhan mawar itu. Kelopaknya yang dahulu mulai merekah, kini tampak merona sayu. Daun-daun yang tumbuh di setiap tangkai pun mulai jatuh satu-persatu. Akhirnya, sebelum berkembang dengan sempurna, bunga itu pun meranggas dan layu.
Jiwa manusia, adalah juga seperti kisah tadi. Di dalam setiap jiwa, selalu ada ‘mawar’ yang tertanam. Tuhan yang menitipkannya kepada kita untuk dirawat. Tuhan lah yang meletakkan kemuliaan itu di setiap kalbu kita. Layaknya taman-taman berbunga, sesungguhnya di dalam jiwa kita, juga ada tunas mawar dan duri yang akan merekah.
Namun sayang, banyak dari kita yang hanya melihat “duri” yang tumbuh. Banyak dari kita yang hanya melihat sisi buruk dari kita yang akan berkembang. Kita sering menolak keberadaan kita sendiri. Kita kerap kecewa dengan diri kita dan tak mau menerimanya. Kita berpikir bahwa hanya hal-hal yang melukai yang akan tumbuh dari kita. Kita menolak untuk menyirami” hal-hal baik yang sebenarnya telah ada. Dan akhirnya, kita kembali kecewa, kita tak pernah memahami potensi yang kita miliki.
Banyak orang yang tak menyangka, mereka juga sebenarnya memiliki mawar yang indah di dalam jiwa. Banyak orang yang tak menyadari, adanya mawar itu. Kita, kerap disibukkan dengan duri-duri kelemahan diri dan onak-onak kepesimisan dalam hati ini. Orang lain lah yang kadang harus menunjukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar